Tentang Saya

Nama lengkap saya Eko Junirianto. Tempat tanggal lahir : Tarakan,2 juni 1989. Saat ini saya kuliah di universitas mulawarman , fakultas MIPA, jurusan Ilmu Komputer. Hobi: Ngenet dan uttak atik program.. ^^

Buat Pengunjung

Buat para pengunjung blog ini makasih yach.. udah nyempatin diri buat mampir ke blog yang sederhana ini. Mari kita terus mengembangkan dunia IT di Indonesia semoga indonesia FreeNet bisa segera terwujud...

Kebohongan Iklan Internet (KBps VS Kbps)

Entah mengapa bangsa kita masih tetap dianggap bodoh walaupun banyak sekali tercipta para ilmuwan dan ahli di berbagai bidang... Usut punya usut ternyata bangsa kita sendiri menipu kita demi menarik keuntungan berlipat. Salah satunya terbukti dari Iklan Internet akhir-akhir ini... Berbagai vendor internet ramai ramai menawarkan akses internet cepat dengan akses up to 384 Kbps.. Wuih cepat amat!!!!!! Dan ramai-ramai kita menikmati akses itu walau dengan merogoh kocek yang sangat mahal bila dibanding dengan akses internet di negara-negara lain... Jadilah kita sebagai korban dari iklan itu. Gk taunya kok malah akses yang kita dapat saat mendownload malah sedikit sekali , berdasarkan percobaan download saya dapatkan 28 KB/Sec tanpa squid dan 45 KB/Sec dengan squid... Weleh2... Liat iklan dan kenyataan kita pasti kecewa dan mau protes... Tapi tunggu dulu, menurut saya iklan itu gk bohong hanya saja iklan itu menggunakan taktik... Seperti kebanyakan iklan-iklan akhir-akhir ini, membodohi orang kurang mapan di ilmu komputer. Liat satuan yang digunakan KBps dengan Kbps.... Hanya beda B saja tapi ternyata membawa perbedaan 8 kali lipat lho.... Ingat gk 1 bit (1 b) dengan 1 byte (1 B) adalah dua hal yang berbeda. Bit adalah ukuran kecepatan transfer data dan byte adalah ukuran data.... Dan 1 byte = 8 bit (1B=8b) (1KB=8Kb)(1KBps=8Kbps)!!!!!!!!! Argh!!!!!!!! Jelas beda... Berdasarkan perhitunga didapat 384 kbps = 48 KBps, artinya dalam kondisi terbaik baru didapat akses download sebesar 48 KBps... Namun, hal ini dapat dicapai dengan menggunakan Download Manager (IDM saya rekomendasikan) dan squid (squid mampu mempercepat tidak hanya dalam browsing tapi juga saat mendownload melalui web browser tanpa download manager ). Untuk IDM udah ad postingan saya, buat squid postingan akan saya sediakan tapi khusus untuk OS Linux. Dalam hal ini saya menggunakan Ubuntu 8.04 (Hardy Heron). Demikianlah sekilas pengetahuan tentang KBps dan Kbps, semoga teman-teman tidak mudah terjebak iklan ini lagi... Wassallam....

2 komentar:

  1. Priyo Wicaksono mengatakan...
     

    Lumayan nie buat artikel,,,izin copy om

  2. zaki mengatakan...
     

    makasih ya mas numpang copy ya

Posting Komentar